10 Kue Tradisional Sajian Pernikahan Bengkulu, Acara Sakral Lamaran hingga Resepsi Pernikahan

10 Kue Tradisional Sajian Pernikahan Bengkulu, Acara Sakral Lamaran hingga Resepsi Pernikahan

Serawe, Kue Tradisional Khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Bay Tat memiliki kedudukan penting di sejarah masyarakat Bengkulu. Dikarenakan Kue Bay Tay adalah kue tradisional kesukaan Raja Bengkulu. Di zaman dulu, kue ini disajikan sebagai hidangan acara adat dan pernikahan. Karena rasanya yang lezat dan unik, peran makanan ini masih bertahan hingga sekarang.  

Bay Tay sendiri adalah jenis kue berbahan dasar tepung, yang diberi salah nanas dibagian atasnya. Persis seperti kue Tart pada umumnya, yang membedakan hanya di bagian bentuk yang membedakan. Bay tart berbentuk kotak dengan corak seperti kue Pie yang menarik.  

 

4. Bolu Koja


Bolu Koja, Kue Tradisional Khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Bolu Koja kue tradisional untuk sajian proses lamaran masyarakat  Bengkulu. Kue ini hampir mirip dengan bolu pada umumnya, namun perbedaan terletak di tekstur serta tambahan toping diatas bolu.  

Rasanya yang enak dengan tampilan hijau daun pandan dan daun suji membuat tampilannya menarik. Rasanya yang khas dijadikan kue hidangan yang wajib saat prosesi lamaran.  

Tidak hanya itu, Bolu Koja juga bisa disajikan untuk pesta pernikahan. Namun, jarang yang memasaknya sekarang. Serta digantikan oleh kue Bolu pada umumnya. Untuk menjaga kelestarariannya, masyarakat Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu masih mempertahankan kue ini sebagai hidangan saat lamaran.  

 

5. Buak Gandum

Buak Gandum adalah julukan untuk kue Tat oleh masyarakat Kaur. Penyajian kue tradisional Buak Gandum wajib di semua prosesi pernikahan mulai dari acara kumpul adat hingga Resepsi Pernikahan.  

Buak Gandum sendiri bentuknya unik, dengan kue yang terbuat dari adonan tepung, telur, gula, santan kental, dll. Kemudian dicampuri inti kelapa, lalu dipanggang. Agar penampilannya menarik, cara membuat motifnya menggunakan pencapit kecil dengan cara dicubit secara beraturan.  

 

6. Lemang Tapai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: