5 Tips Budidaya Anggur, Sulap Pekarangan jadi Kebun Anggur Bernilai Ekonomis

5 Tips Budidaya Anggur, Sulap Pekarangan jadi Kebun Anggur Bernilai Ekonomis

Tips Budidaya Anggur, Sulap Pekarangan jadi Kebun Anggur Bernilai Ekonomis.--Ilustrasi

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Anggur adalah jenis buah kaya manfaat. Dari segi kesehatan anggur bermanfaat baik untuk meningkatkan imun tubuh. Di dunia kecantikan biji anggur berguna untuk merawat kesegaran kulit.

Selain kaya akan manfaat, buah Anggur bernilai ekonomis. Minat terhadap buah anggur di Indonesia tergolong tinggi dan berdampak baik terhadap siklus penjualan buah Anggur di Indonesia.  

Di Indonesia terdapat kebun Anggur dengan skala besar. Salah satunya kebun Anggur di Kota Palu. Ternyata untuk memiliki kebun Anggur tidak selalu memerlukan lahan yang luas.

Contohnya, budidaya Anggur Eropa di Kaur yang hanya ditanam sebanyak 50 batang dengan mengandalkan Pekarangan rumah bergaya Greenhouse.  

BACA JUGA:Wisata Kebun Anggur Eropa di Kaur Bengkulu, Rekomendasi Liburan Akhir Tahun!

BACA JUGA:Pesan Gubernur Bengkulu kepada Kepala BPKP Provinsi Bengkulu yang Baru, Dana Desa dan Bantuan Inflasi disorot

Sebut saja Bapak A, seorang pengusaha Anggur asal Kaur yang mengandalkan pekarangan rumah sebagai lahan budidaya Anggur. Harga jual Buah Anggur Eropa dijualnya dengan kisaran Rp130.000 hingga Rp160.000 per kilo tergantung jenis buah Anggur yang ditanam.  

Agar budidaya Anggur berhasil, ada beberapa langkah yang harus diketahui. Apa saja?

1. Menentukan Varietas Anggur dengan kualitas terbaik

Buah Anggur memiliki banyak jenis, langkah pertama kamu harus menentukan Aggur jenis apa yang akan ditanam. Misalnya, jenis Anggur Eropa.  

Setelah itu, carilah bibit anggur dengan varietas terbaik. Ciri bibit dengan varietas baik berasal dari indukan berkualitas. Yaitu, biji Anggur generatif, cangkok, okulasi, stek cabang atau lainnya bersifat vegetatif.  

Disarankan memilih bibit dengan indukan vegetatif karena hasil bibit tanaman identik dengan indukan anggur.

BACA JUGA:Ibu Negara Hj Iriana Jokowi ke Bengkulu, Kodam Sriwijaya Siagakan 2.500 Personil


2. Menentukan Lahan budidaya Anggur, serta mengetahui syarat lahan yang cocok

Kedua, setelah menemukan bibit anggur yang akan ditanam. Menentukan lokasi budidaya kebun Anggur rumahan juga tidak kalah penting.  

Menanam buah ini bisa ditanam dengan iklim tropis Indonesia, asalkan tanaman bisa berkembang biak di pekarangan rumah memenuhi syarat, diantaranya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: