BBM Sawit Mulai Diterapkan 1 Februari, Jenis BBM Apa Saja? Simak Penjelasannya dan Keuntungan bagi Petani

BBM Sawit Mulai Diterapkan 1 Februari, Jenis BBM Apa Saja? Simak Penjelasannya dan Keuntungan bagi Petani

BBM Sawir mulai diberlakukan 1 Februari 2023.--tangkapan layar instagram @kementerian ESDM

BACA JUGA:Unduh Aplikasi Gaming FIFA Mobile Korea disini! Terbaru Mod Apk v11.0.06, Bermain Game Sepakbola Makin Seru!

BACA JUGA:Sudah Turun, Berikut Harga Baru BBM Pertamina Setiap Wilayah, Termasuk Bengkulu, Sumsel, Lampung dan Sumbar

"Kesiapan bahan baku industri biodiesel sudah mencapai 17,14 juta KL, bahan baku untuk biodiesel cukup semoga program ini berjalan," kata Dadan.

Selain, melihat dari kesiapan regulasi dan kesiapan bahan baku, pemerintah saat ini juga tengah mempersiapkan dari sisi spesifikasi dengan para pihak terkait.

Mengingat sejauh ini program campuran biodiesel baru sampai pada B30.

Adapun, guna mengantisipasi potensi masalah yang timbul ketika penerapan B35 dijalankan, Edi mengatakan bahwa pemerintah telah melakukan uji secara statis pada B40. Kemudian nantinya akan dilanjutkan pada uji jalan atau road test kendaraan dengan bahan bakar B40.

"Kami lihat kembali dengan lembaga terkait dan melibatkan komite teknis terkait spek B35. Jadi mudah-mudahan dari aspek teknis gak masalah. At least ini bisa diterapkan akhir Juli nanti bisa berjalan kita lakukan secara bertahap sehingga menuju B35 gak langsung, ada transisi dari B30 ke B35," katanya.

BACA JUGA:Aturan Baru BBM Pertamina, Pembelian Pertalite dan Solar Subsidi Wajib Pakai Mypertamina, Begini Cara Daftar!

BACA JUGA:Awal Tahun 2023, Harga BBM Pertamina subsidi Turun? Penjelasan Pertamina Begini!

"Jadi dalam konteks itu kalau secara dinaikkan demandnya harganya naik, ini dalam rangka menolong TBS nya semakin bagus, sekarang kan turun. Ini kebijakan nasional bukan hanya Kementerian ESDM," ujar Dadan.

Dadan menyampaikan pemerintah sendiri telah melakukan uji lab pada pengembangan campuran minyak sawit 40% (B40) pada beberapa waktu lalu.

Sehingga ia optimistis penerapan B35 akan berjalan lancar.

Bersamaan dengan penerapan B35, pemerintah juga tengah menyiapkan uji jalan atau road test kendaraan dengan bahan bakar B40.

"Kita sudah uji coba B40 seribu jam di lab. Sudah diuji coba di lab jadi kita punya keyakinan dari sisi itu akan berjalan dengan baik tapi itu belum uji di jalan. Tapi untuk B40 akan kita lakukan uji jalan. Sekarang B35 yang untuk diimplementasikan," katanya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: