Menjelang Aturan Baru Elpiji 3 Kg, Pertamina Gelar Penukaran Tabung Gas Subsidi, Begini Ketentuannya

Menjelang Aturan Baru Elpiji 3 Kg, Pertamina Gelar Penukaran Tabung Gas Subsidi, Begini Ketentuannya

Menjelang Aturan Baru Elpiji 3 Kg, Pertamina Gelar Penukaran Tabung Gas Subsidi, Begini Ketentuannya--radarkaur.co.id

Menjelang Aturan Baru Elpiji 3 Kg, Pertamina Gelar Penukaran Tabung Gas Subsidi

JAWA TIMUR, RADARKAUR.CO.ID - Pertamina dan Pemkot Madiun Jawa Timur menggelar "trade in" atau penukaran tabung elpiji 3 kg subsidi ke tabung bright gas non subsidi di wilayah setempat sebagai upaya mendukung subsidi pemerintah tepat sasaran.

Penukaran tersebut berlangsung Jumat 22 September 2023 mulai pukul 08.00–11.00 WIB. Pihak Pertamina memberikan potongan harga 20 persen bagi konsumen yang menukarkan elpiji 3 kg ke bright gas saat itu. Total ada 100 tabung yang disediakan.

Dua tabung elpiji 3 kg ditukar dengan tabung 5,5 kg. Mereka cukup membayar Rp 80 ribu. Kemudian, satu tabung elpiji 3 kg dengan tabung 5,5 kg membayar sebesar Rp 180 ribu.

BACA JUGA:Temukan Inspirasi OOTD dengan UNIQLO, Mix and Match Outfit di Aplikasi StyleHint, Download Sekarang di Sini!

BACA JUGA:Arti 4 Istilah yang Sering Dipakai Gus Iqdam, Dekengan Pusat dan ST Nyell, Garangan hingga Wonge Yo Teko

Sedangkan dengan tabung 12 kg cukup membayar sebesar Rp 346 ribu. Sementara, jika menukarkan dua tabung elpiji 3 kg dengan bright gas 12 kg hanya membayar Rp 275 ribu.

Satu tabung elpiji 3 kilogram kosong bisa ditukarkan dengan satu tabung bright gas isi 12 kilogram dengan tambahan pembayaran sebesar RpRp360.000

Adapun untuk harga awal tabung dengan isi elpiji 5,5 kilogram mencapai Rp327.000 dan "refill" atau pengisian ulang mencapai Rp96.000 per tabung. Sedangkan harga awal tabung dengan isi elpiji 12 kilogram mencapai Rp555.000 dan "refill" atau pengisian ulang mencapai Rp204.000 per tabung.

Sales Branch Manager Pertamina Rayon VI Kediri, Muhammad Salman Al Farisy mengatakan kolaborasi yang dilakukan Pertamina dengan Pemkot Madiun bertujuan memudahkan masyarakat untuk menukarkan tabung elpiji subsidi ke bright gas.

BACA JUGA:Pengen jadi Pengusaha Tambak Udang tapi Perlu Modal? Berikut Info Pinjaman KUR BRI 2023

BACA JUGA:Tertarik jadi Subagen Gas Elpiji 3 Kg? Butuh Modal Berapa Kira-Kira? Simak Ulasannya

Kegiatan itu sekaligus menindaklanjuti aturan baru elpiji 3 kg atau program subsidi tepat sasaran yang dicanangkan pemerintah.

"Jadi memang elpiji 3 kg itu harus sesuai peruntukannya. Kemarin juga ada surat edaran dari Gubernur Jatim dan Wali Kota Madiun yang menegaskan terkait larangan dan imbauan penggunaan elpiji 3 kg. Dengan begitu kita memberi ruang bagi masyarakat mampu atau kelompok tertentu untuk beralih ke elpiji non-subsidi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: