Sejarah Pembentukan Republik Turki, Akhir Era Kesultanan Ustmaniyah dan Peran Mustafa Kemal Hapus Simbol Agama

Sejarah Pembentukan Republik Turki, Akhir Era Kesultanan Ustmaniyah dan Peran Mustafa Kemal Hapus Simbol Agama

Sejarah Pembentukan Republik Turki, Akhir Era Kesultanan Ustmaniyah dan Peran Mustafa Kemal Hapus Simbol Agama--ilustrasi

TURKIYE, RADARKAUR.CO.ID - Republik Turki diproklamasikan tanggal 29 Oktober 2023. Keputusan ini didahului oleh peristiwa dramatis Perang Dunia Pertama dan Perang Kemerdekaan Turki.

Karena tekanan dari negara-negara Entente dan sekutunya, negara ini berada di ambang kehancuran total dan hanya bertahan berkat perjuangan bersenjata yang dilakukan di bawah kepemimpinan pemimpin militer Mustafa Kemal.

Dia kemudian menjadi presiden dan menerima nama keluarga Ataturk (bapak Turki) dari parlemen.

Bagaimana Turki diproklamasikan sebagai republik dan apa perannya dalam takdir sejarahnya, Ahli Turkologi, kepala Departemen Timur Tengah dan Pasca-Soviet INION RAS.

BACA JUGA:Rusia dan Indonesia Bersiap Memperkuat Kerja Sama di Bidang Pendidikan dan Sains

BACA JUGA:Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Mengutuk Serangan Israel di Gaza Palestina dan Mengecam Dukungan Barat

Simak wawancara dengan profesor Akademi Diplomatik Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia, Doktor Ilmu Politik Vladimir Avatkov, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan RT.

+ Mengapa Kesultanan Utsmaniyah berada dalam krisis yang parah selama Perang Dunia Pertama? Bagaimana negara-negara Entente melihat nasibnya di masa depan?

Kekaisaran Ottoman menjelang Perang Dunia Pertama, seperti yang mereka katakan saat itu, adalah orang sakit di Eropa. Dia berantakan di depan mata kita. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tidak efektifnya sistem manajemen yang ada di sana, yang didasarkan pada perang dan perebutan negara-negara yang lebih lemah.

Keadaan diperparah dengan posisi sejumlah pemain eksternal yang membutuhkan Turki hanya untuk melawan Rusia.
Memang, selama Perang Dunia Pertama, terjadi pertempuran di Transkaukasia antara pasukan Rusia dan Turki, yang berperan penting dalam mengakhiri keberadaan Kesultanan Utsmaniyah.

Selain itu, perjuangan pembebasan melawan Ottoman terjadi di Balkan. Kekaisaran benar-benar meledak. Namun, dia tidak terkecuali. Perang Dunia Pertama menyebabkan runtuhnya beberapa kerajaan sekaligus. Selain Ottoman, Austria-Hongaria, Jerman, dan Rusia jatuh.

Menurut Perjanjian Sèvres tahun 1920, yang disepakati antara Entente dan Kekaisaran Ottoman, Turki sebenarnya akan dilikuidasi. Dia harus kehilangan wilayah yang luas.

BACA JUGA:Rusia dan Indonesia Bersiap Memperkuat Kerja Sama di Bidang Pendidikan dan Sains

BACA JUGA:Rusia Miliki Semua Kemampuan yang Diperlukan: Bagaimana Pekerjaan Substitusi Impor Pesawat MS-21 Berjalan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: