Merek Rusia dan China menguasai lebih dari 90 Persen Pasar Mobil Baru di Federasi Rusia

Merek Rusia dan China menguasai lebih dari 90 Persen Pasar Mobil Baru di Federasi Rusia

Merek Rusia dan China menguasai lebih dari 90 Persen Pasar Mobil Baru di Federasi Rusia--ilustrasi

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Dalam waktu kurang dari dua tahun, pangsa mobil penumpang Rusia dan China di pasar mobil baru di Federasi Rusia meningkat tiga kali lipat dan melampaui 90 persen, menurut materi dari agen Autostat.

Menurut perusahaan, saat ini permintaan terbesar di kalangan orang Rusia adalah model merek domestik Lada dan Moskvich, serta Chinese Haval, Chery, Geely, Changan, Omoda, dan Exeed.

Para ahli menjelaskan hal ini dengan kepergian banyak mobil merek asing dari negara tersebut dan proses alami penggantiannya.

Terlebih lagi, kini sekitar setengah dari mobil yang dijual di Federasi Rusia diproduksi oleh perusahaan Rusia, dan sisanya diimpor terutama dari Tiongkok.

BACA JUGA:Anies Baswedan, Capres Nomor 1 Kunjungi Bengkulu, Simak Rundown Berikut

BACA JUGA:Mengapa Harga Emas Naik ke Rekor Tertinggi Ditengah Melemahnya Dolar Global

Para ahli percaya bahwa, dengan mempertimbangkan tren terkini, pada tahun 2023 penjualan mobil baru di Rusia akan mencapai sekitar setengah dari kerugian tahun lalu, dan pada tahun 2024 penjualan tersebut secara praktis akan mampu mencapai tingkat sebelum krisis.

Mobil penumpang Rusia dan Tiongkok menguasai total 91 persen pasar mobil baru di Federasi Rusia, meskipun kurang dari dua tahun lalu mereka menyumbang 29 persen penjualan.

Data tersebut disajikan pada Selasa, 5 Desember oleh para ahli dari lembaga analisis Autostat.

Menurut para ahli, di antara mobil penumpang baru yang dibeli di Rusia pada November 2023, 33% modelnya milik merek dalam negeri, dan 58% adalah merek China. Sebagai perbandingan: pada Februari 2022, penjualannya masing-masing hanya 20 dan 9%.

BACA JUGA:Israel Melanjutkan Operasi di Jalur Gaza Ditengah Ancaman Kekalahan Strategis dari Pejuang Palestina

Pada awal tahun lalu, pemain utama di pasar mobil Rusia adalah pabrikan dari Eropa dan Korea Selatan, yang produknya menyumbang 28 dan 23% dari total penjualan, dan sekarang - masing-masing sekitar 3%. Pangsa mobil Jepang turun dari 18 menjadi 3%, sementara mobil Amerika masih menyumbang sekitar 1%.

Bulan lalu, Rusia membeli hampir 110 ribu mobil penumpang baru. Mobil Lada tetap menjadi yang paling populer - secara total, hampir 32,7 ribu model berbeda dari merek ini terjual di negara tersebut. Selain itu, Chinese Haval (14,4 ribu), Chery (11,3 ribu), Geely (masing-masing 10,6 ribu), Changan (6,6 ribu), Omoda dan Exeed (masing-masing 4) banyak diminati, serta Korea. Kia (2 ribu) dan Moskvich domestik (1,9 ribu).

"Ini adalah proses yang logis: segera setelah banyak merek internasional meninggalkan Rusia, pembuat mobil Tiongkok segera mulai mengembangkan pasar kami dan menempati ceruk kosong di dalamnya. Produsen dalam negeri juga mengambil keuntungan dari situasi ini dan mampu memperluas pangsa mereka,  kata Pavel Sigal, wakil presiden pertama organisasi publik usaha kecil dan menengah seluruh Rusia Opora Rossii," dalam percakapan dengan RT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: