Tiongkok Kurangi Investasi pada Utang Pemerintah AS ke Tingkat Terendah sejak tahun 2009

Tiongkok Kurangi Investasi pada Utang Pemerintah AS ke Tingkat Terendah sejak tahun 2009

Tiongkok Kurangi Investasi pada Utang Pemerintah AS ke Tingkat Terendah sejak tahun 2009--ilustrasi

Tiongkok Kurangi Investasi pada Utang Pemerintah AS ke Tingkat Terendah sejak tahun 2009

TIONGKOK, RADARKAUR.CO.ID - Investasi Tiongkok pada utang pemerintah AS turun di bawah $770 miliar untuk pertama kalinya sejak musim semi tahun 2009. Beijing secara sistematis menarik uang dari obligasi pemerintah AS di tengah jatuhnya nilai obligasi tersebut, serta memburuknya perdagangan dan hubungan geopolitik dengan Washington, demikian menurut para ahli.

Selain itu, menurut para analis, pemblokiran sebagian cadangan emas dan devisa Rusia oleh Barat menjadi sinyal yang mengkhawatirkan bagi Beijing. Alhasil, untuk melindungi uangnya sendiri, RRT mulai lebih aktif mentransfer tabungannya ke dalam emas.

Pada saat yang sama, negara-negara lain secara bertahap mulai mengikuti contoh Tiongkok, karena pesatnya peningkatan utang pemerintah AS dan meningkatnya biaya pembayaran utang menyebabkan semakin banyak keraguan di kalangan investor terhadap prospek perekonomian Amerika.

BACA JUGA:Gugatan Emil Dardak dan Sejumlah Kada Terkait Masa Jabatan Terpotong Dikabulkan MK, Apa Selanjutnya?

Investasi Tiongkok pada Treasury AS telah jatuh ke level terendah dalam 14,5 tahun. Hal ini dibuktikan dengan data terbaru Departemen Keuangan AS.

Berdasarkan perhitungan para ahli di departemen tersebut, pada bulan Oktober 2023, Tiongkok mengurangi investasi pada utang publik Amerika Serikat sebesar $8,5 miliar   menjadi $769,6 miliar. Nilai serupa terakhir kali terlihat pada bulan April 2009.

Mari kita perjelas bahwa utang nasional AS mewakili total utang pemerintah federal negara tersebut kepada para kreditornya. Washington meminjam uang untuk membiayai pengeluaran yang tidak lagi dapat ditanggung oleh pendapatan anggaran.

Untuk tujuan ini, otoritas negara terutama menggunakan Treasury. Berbagai negara, perusahaan, dan investor swasta membeli sekuritas ini dengan harga tertentu dan selanjutnya menerima pendapatan stabil dari mereka dalam bentuk bunga. Dengan kata lain, pemegang obligasi pemerintah meminjamkan uangnya kepada perekonomian Amerika Serikat.

BACA JUGA:80 Persen Orang Rusia Berlibur di Tahun Baru, Ini Kota Tujuan Terpopuler yang Bakal Dikunjungi

Pada awal bulan November tahun ini, negara-negara asing memiliki hampir $7,6 triliun surat utang negara, yang berarti lebih dari 22% total utang AS (pada saat itu berjumlah sekitar $33,7 triliun). Selain Tiongkok, kreditur utama Amerika Serikat adalah Jepang (pada bulan Oktober investasinya berjumlah $1,1 triliun), Inggris ($693 miliar), Luksemburg ($345 miliar), Kepulauan Cayman ($324 miliar), Irlandia ($299 miliar) , Belgia ($285 miliar) dan Kanada ($282 miliar).

Pendinginan perdagangan

Pada tahun 2018, Tiongkok adalah pemegang utang pemerintah Amerika terbesar dan memiliki obligasi pemerintah Amerika senilai lebih dari $1,1 triliun. Pada tahun 2019, indikator tersebut mulai menurun secara sistematis, dan Jepang segera menggantikan posisi kreditor utama Amerika Serikat.

Hal ini sebagian disebabkan oleh perang dagang yang terjadi saat itu antara Beijing dan Washington. Konfrontasi tarif antara kedua negara mengakibatkan penurunan tajam dalam perdagangan dan menyebabkan arus keluar dana dari investor Tiongkok dari utang pemerintah AS,  Alexander Abramov, kepala laboratorium analisis institusi dan pasar keuangan di Institute of Riset Ekonomi Terapan RANEPA, kepada RT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: