Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Donald Trump di Amerika Serikat Berkembang?

Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Donald Trump di Amerika Serikat Berkembang?

Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Trump di Amerika Berkembang?--ilustrasi

Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Trump di Amerika Berkembang?

WASHINGTON, RADARKAUR.CO.ID - Donald Trump akan membuka 'kotak Pandora' penganiayaan politik jika dia menyetujui permintaan jaksa AS untuk menolak klaim kekebalan hukumnya, kata pengacara Trump, John Lauro.

Kita berbicara tentang kasus pidana federal mengenai upaya untuk mengubah hasil pemilihan presiden 2020 demi keuntungan mereka. Lauro mencatat bahwa Joe Biden juga bisa diadili 'karena berusaha mencegah' Trump menjadi kepala negara berikutnya.

Para analis, pada gilirannya, menyebut episode ini hanya bagian dari perang hukum yang dilancarkan pemerintahan Gedung Putih saat ini melawan presiden Amerika Serikat ke-45. Namun, para ilmuwan politik meragukan Biden akan mampu menyingkirkan pesaing utamanya dari pemilu.

BACA JUGA:Bagaimana Situasi Keamanan di Laut Merah dan Upaya Pengalihan dari Kejahatan Perang di Gaza?

Mantan Presiden Gedung Putih Donald Trump akan membuka kotak pandora penganiayaan politik jika dia menyetujui permintaan jaksa AS untuk menolak klaim kekebalan hukumnya dalam kasus pidana federal yang menuduh adanya upaya untuk mengubah hasil pemilihan presiden tahun 2020 demi keuntungannya.

Hal itu diungkapkan pengacara mantan kepala negara, John Lauro, usai sidang di Pengadilan Banding Washington.

“Jika kita menerima apa yang diinginkan oleh penasihat khusus, jika kita menerima apa yang diinginkan Presiden Biden, kita akan membuka kotak Pandora yang berisi serangkaian penganiayaan politik yang tiada akhir. Sebenarnya Joe Biden bisa dimintai pertanggungjawaban karena berusaha mencegah orang ini (Trump - RT ) menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya,” kata Lauro di hadapan kliennya.

Pada saat yang sama, menurutnya, Trump dan timnya tidak membutuhkan penganiayaan politik, melainkan “proses politik.”

BACA JUGA:Jalan-Jalan Kuliner di Mukomuko, Rasa Sensasi Pedas Gurih Tongseng sebagai Kuliner Tradisional khas Jawa

“Negara kita tidak boleh mengalami siklus saling tuduh politik yang terulang setiap empat tahun, ketika pemerintahan (saat ini. - RT ) (Presiden AS. - RT ) mengkritik pemerintahan sebelumnya, meskipun pada kenyataannya kandidat ini memimpin dalam jajak pendapat dan akan menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya. Sebagaimana telah dijelaskan dengan jelas oleh tim hukum kami, tim banding kami, hal ini akan menjadi bencana bagi negara. Ini akan menjadi serangan langsung terhadap demokrasi, dan hal ini tidak dapat diterima,” tegas Lauro.

Pertanyaan apakah Trump memiliki kekebalan dari tuntutan hukum atas tindakannya sebagai presiden sedang dipertimbangkan oleh Pengadilan Banding AS untuk Distrik Columbia di Washington.

Jaksa meminta pengadilan untuk menolak kekebalan hukum Trump. Berbicara di persidangan, Asisten Jaksa Khusus James Pierce menantang keberadaan prinsip kekebalan absolut para kepala cabang eksekutif dalam undang-undang konstitusi AS dan memperingatkan konsekuensi negatif dari penerapan prinsip tersebut.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Danau Gedang, Sebuah Persembahan Keindahan Alam di Provinsi Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: