Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Donald Trump di Amerika Serikat Berkembang?

Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Donald Trump di Amerika Serikat Berkembang?

Bagaimana Situasi Seputar Penuntutan Trump di Amerika Berkembang?--ilustrasi

Trump, yang juga ambil bagian dalam dengar pendapat tersebut, mengatakan bahwa menolak haknya atas perlindungan semacam itu akan menjadi preseden yang “sangat buruk”.

Pengacara Trump berpendapat bahwa dia memiliki kekebalan hukum sebagai kepala negara dan menggunakan hak kebebasan berpendapat dengan menolak mengakui kekalahan dalam pemilu 2020. Pembelaan mantan Presiden AS tersebut menegaskan bahwa penuntutan pidana seharusnya didahului dengan pemakzulan Trump oleh Kongres dan hukumannya sebagai bagian dari prosedur ini.

Kantor kejaksaan berusaha membuktikan bahwa Trump dapat diadili atas tindakan yang diambilnya sebagai kepala pemerintahan Amerika.

BACA JUGA:Rahasia Wajah Glowing Tanpa Kusam, Begini Tips Aplikasi Sunscreen yang Bikin Kamu Kinclong!

Hingga 700 tahun penjara

Menurut pemberitaan media, sebelumnya jaksa khusus Jack Smith berusaha mempercepat proses dugaan campur tangan Trump dalam prosedur pemilu. Smith mengajukan banding langsung ke Mahkamah Agung, melewati pengadilan perantara, dan meminta kejelasan apakah mantan pimpinan Gedung Putih tersebut mendapat perlindungan dari tuntutan hukum atas tindakan yang berkaitan dengan masa kepresidenannya.

Trump, pada bagiannya, meminta pengadilan untuk tidak menyetujui percepatan proses tersebut, termasuk mempertimbangkan penyerbuan Capitol oleh para pendukungnya.

Mahkamah Agung AS kemudian menolak permintaan jaksa untuk melakukan peninjauan cepat mengenai cakupan kekebalan hukum Trump dan apakah hal tersebut berlaku untuk sejumlah dakwaan terhadapnya.

Secara total, Trump didakwa dengan 91 pelanggaran dalam empat kasus pidana, yang ia sendiri anggap sebagai upaya Partai Demokrat untuk mencegahnya terpilih kembali ke jabatan tertinggi pemerintahan. Sejumlah pasal mengatur hukuman berupa penjara hingga 20 tahun.

Namun, jika pengadilan memutuskan untuk menentukan hukuman dengan menambahkan masa hukuman, Trump terancam hukuman lebih dari 700 tahun penjara berdasarkan totalitas dakwaan.

BACA JUGA:Tingkatkan Keamanan Data Perusahaan dengan Prediksi Kegagalan Drive NAS Berbasis AI - DA Drive Analyzer 2.0

Demi kepentingan Biden

Para ahli yang diwawancarai oleh RT, mengomentari situasi seputar penuntutan pidana Donald Trump, setuju bahwa dengan cara ini mereka pada akhirnya mencoba untuk “menyingkirkan mantan kepala Gedung Putih itu dari bidang politik.” Kasus kekebalan presiden hanyalah bagian dari perang hukum yang dilancarkan pemerintahan saat ini terhadap Trump, kata para analis.

“Jelas bahwa mereka berusaha untuk menyingkirkan Presiden Amerika Serikat ke-45 dari arena politik dengan berbagai cara, namun dia mati-matian menolaknya, dengan menunjukkan bahwa semua ini adalah perburuan penyihir yang bermotif politik. Trump dan para pendukungnya mengklaim bahwa kantor kejaksaan AS bertindak demi kepentingan Biden, berusaha mencegah persetujuan klaim kekebalan hukum Trump,” kata ilmuwan politik Amerika Dmitry Drobnitsky dalam sebuah wawancara dengan RT.

Apa yang terjadi di Washington dan beberapa negara bagian menunjukkan tekad Kejaksaan Agung AS untuk bertindak melawan Trump, dengan menggunakan dalih apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: