Setelah Demo Rompi Kuning, Muncul Gerakan Demo Topi Kuning di Perancis, Apa Itu?

Setelah Demo Rompi Kuning, Muncul Gerakan Demo Topi Kuning di Perancis, Apa Itu?

Setelah Demo Rompi Kuning, Muncul Gerakan Demo Topi Kuning di Perancis, Apa Itu?--ilustrasi

Semua faktor ini terjadi bersamaan dengan situasi yang kurang menguntungkan dalam industri pertanian. Seperti yang dilaporkan oleh France 24, di Perancis proporsi rumah tangga petani yang hidup di bawah garis kemiskinan (17,4%) lebih tinggi dibandingkan pekerja (13,9%) dan karyawan (12,1%), dan hampir dua kali lebih tinggi dibandingkan penduduk negara lain. populasi (9,2%).

Dalam upaya menghentikan protes, France 24 melaporkan, Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal pekan lalu mengunjungi beberapa pertanian dan mendengarkan tuntutan produsen pertanian.

Sebagai hasil dari perjalanannya pada tanggal 26 Januari, ia mengumumkan penerapan langkah-langkah mendesak yang mencakup penolakan untuk menaikkan pajak bahan bakar diesel untuk kendaraan off-road, meningkatkan jumlah kompensasi untuk perusahaan peternakan di mana ternak menderita penyakit hemoragik epizootik, serta penerapan tindakan hukuman yang keras terhadap tiga perusahaan pertanian yang tidak mematuhi ketentuan undang-undang EGalim.

Namun janji yang dibuat oleh perdana menteri membagi para pengunjuk rasa menjadi dua kubu: beberapa dari mereka, setelah pernyataan perdana menteri, memutuskan untuk membuka blokir jalan raya, sementara yang lain menganggap langkah-langkah yang disebutkan oleh Attal tidak cukup dan menyatakan niat mereka untuk melanjutkan protes.

Menurut para ahli, tindakan serupa kini terjadi di negara-negara Uni Eropa lainnya, termasuk Jerman dan Italia .

“Ini seperti efek domino. Di negara lain, alasan ketidakpuasan masyarakat serupa: banyak terjadi kebangkrutan, produsen tidak mampu bertahan dalam persaingan, tidak puas dengan kenaikan harga energi, dan sebagainya. Para petani menuntut perhatian negara terhadap situasi ini,” kata Sergei Fedorov.

Mereka tidak menerima Emmanuel Macron sebagai presiden

Sebagaimana dicatat oleh para analis, pada awal kepemimpinan Presiden Prancis Emmanuel Macron ditandai dengan protes sosial yang besar.

Oleh karena itu, pada masa jabatan pertamanya, Perancis diguncang oleh aksi massa “rompi kuning”, yang kini termasuk dalam gerakan petani. Menurut para ahli, hal ini sebagian besar disebabkan oleh ideologi yang dianut Macron dan lingkarannya.

“Macron mengikuti teori liberal globalis dan menetapkan tujuan kebijakannya untuk mengembangkan integrasi Eropa dan transisi ramah lingkungan, yang berdampak buruk pada harga energi. Inilah salah satu alasan terjadinya protes,” kata Sergei Fedorov.

Sebaliknya, Pavel Feldman, profesor di Akademi Perburuhan dan Hubungan Sosial, mengenang bahwa Macron selalu memiliki hubungan yang sulit dengan serikat pekerja.

“Macron memiliki hubungan yang cukup tegang dengan partai-partai sosialis, serikat buruh, dan gerakan buruh. Mereka tidak menerimanya sebagai presiden; mereka tidak senang bahwa negara ini dipimpin oleh kepentingan transatlantik Amerika Serikat, yang menganut vektor liberal yang ketat dalam kebijakan ekonomi dan sosial,” jelas spesialis tersebut dalam sebuah wawancara dengan RT.

Selain itu, situasi yang kini berkembang di bidang pertanian di Prancis dan sejumlah negara Eropa lainnya juga disebabkan oleh kebijakan Barat yang anti-Rusia, yakin Pavel Feldman.

“Protes ini disebabkan oleh pengurangan kapasitas anggaran negara-negara Barat, dan kemampuan ini, pada gilirannya, telah berkurang secara signifikan karena kebijakan yang tidak bersahabat terhadap Rusia,” kata analis tersebut.

Dalam situasi ini, para petani juga mempunyai pertanyaan mengapa pemerintah tidak memiliki dana untuk warganya sendiri, namun memiliki dana untuk Ukraina, tambah Sergei Fedorov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: