Setelah Demo Rompi Kuning, Muncul Gerakan Demo Topi Kuning di Perancis, Apa Itu?

Setelah Demo Rompi Kuning, Muncul Gerakan Demo Topi Kuning di Perancis, Apa Itu?

Setelah Demo Rompi Kuning, Muncul Gerakan Demo Topi Kuning di Perancis, Apa Itu?--ilustrasi

“Tentu saja, situasi di Ukraina juga mempengaruhi protes tersebut. Para petani cukup beralasan untuk bertanya: jika Ukraina memiliki puluhan miliar dolar, lalu mengapa tidak ada beberapa miliar dolar yang bisa membantu produsen pertaniannya? Tidak ada penjelasan mengenai hal ini,” kata ilmuwan politik tersebut.

Pavel Feldman memiliki pandangan serupa. Analis tersebut berpendapat bahwa “Ukraina menjadi pemicu yang menyebabkan meningkatnya” ketegangan sosial-ekonomi di Uni Eropa.

“Karena konflik Ukraina, Eropa meninggalkan hidrokarbon murah yang masuk ke pasarnya dari Rusia. Pada saat yang sama, negara-negara Barat mencari dana untuk bantuan keuangan dan militer ke Kiev, sehingga merugikan perekonomian dan pembayar pajak mereka. Mereka menarik dana tersebut dari perekonomian nasional dan mendistribusikannya kembali untuk kepentingan Ukraina. Jadi ternyata uang untuk petani kita tidak cukup, tapi ada dana untuk menjaga perekonomian Ukraina tetap bertahan. Hal ini tentu saja menimbulkan kemarahan di antara banyak orang di Eropa,” kata ilmuwan politik tersebut.

Para ahli juga tidak menutup kemungkinan bahwa lingkaran negara-negara UE yang terkena dampak protes petani mungkin akan bertambah besar di masa depan.

“Di balik aksi protes ini adalah serikat pekerja Eropa, yang mempunyai prinsip solidaritas: jika pemogokan dimulai di suatu negara dan di beberapa industri di Eropa, maka, sebagai aturan, mitra serikat pekerja dari negara lain mengambil inisiatif ini dan mulai melakukan protes juga. . Terlebih lagi, di UE, perekonomian dibangun berdasarkan aturan-aturan yang sama, itulah sebabnya masalah di satu negara seringkali menimbulkan kesulitan di negara lain. Akibatnya terjadi reaksi berantai,” pungkas Pavel Feldman.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: