Belum Tanda Tangan Keppres, Jokowi Lempar Tanggung Jawab Pemindahan Ibu Kota ke Prabowo, Rocky Bilang Begini

Belum Tanda Tangan Keppres, Jokowi Lempar Tanggung Jawab Pemindahan Ibu Kota ke Prabowo, Rocky Bilang Begini

Belum Tanda Tangan Keppres, Jokowi Lempar Tanggung Jawab Pemindahan Ibu Kota ke Prabowo, Rocky Bilang Begini--ilustrasi

Belum Tanda Tangan Keppres, Jokowi Lempar Tanggung Jawab Pemindahan Ibu Kota ke Prabowo, Rocky Gerung Bilang Begini

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi seperti mau lepas tanggung jawab untuk rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Pengamat politik Rocky Gerung menilai bahwa belum ditandatangi keputusan presiden atau keppres tentang pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Kalimantan Timur adalah sebuah tanda.

Rocky menilai bahwa keppres pemindahan IKN akan menjadi beban, dimana beban itu berusaha dipindahkan oleh Jokowi kepada Prabowo.

BACA JUGA:TERBARU, Daftar Harga BBM PERTAMINA, Shell dan BP-AKR di Seluruh Indonesia Per 1 Juli 2024

BACA JUGA:Peta Politik Pilbup Kaur 2024, Gusril Diusung 5 Parpol, Okkie dan Sulman Masing-Masing 3 Parpol

Sehingga Rocky menilai bahwa Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan dilantik di DKI Jakarta dan tidak akan menanda tangani Kepres pemindahan Ibu Kota Negara.

"Bagi Prabowo Subianto pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN di Kalimantan Timur adalah beban dan akan menimbulkan berbagai konsekuensi," kata Rocky Gerung.

Disampaikannya bahwa konsekuensi dari pemindahan ibu kota negara adalah segala macam anggaran harus dikeluarkan di IKN, Pendidikan baru mesti tersedia di IKN. Akan sangat banyak penyesuaian.

"Penyesuaian itu kayak latihan manasik haji gitu kan karena mesti tahu keadaan di tempat yang baru itu kan. Dan itu juga butuh psikologi baru," tambahnya.

BACA JUGA:Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Masuk Grup Hampir Sama dengan Vietnam saat WCQ2022

BACA JUGA:LENGKAP! Hasil Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Masuk Grup Maut

Sebelumnya saat memberikan keterangan pers usai meninjau lokasi Upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, awal bulan Juni 2024 sebagaimana ditayangkan channel Youtube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi mengaku belum menandatangani keppres tentang pemindahan Ibukota Negara.

Bahkan ia menyebutkan bisa jadi yang akan menandatangani adalah Prabowo Subianto sebagai presiden nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: