Pendiri Kerajaan Kaur merupakan Keluarga Kerajaan Banten, Kerabat Sultan Ageng Tirtayasa

Pendiri Kerajaan Kaur merupakan Keluarga Kerajaan Banten, Kerabat Sultan Ageng Tirtayasa

Pendiri Kerajaan Kaur merupakan Keluarga Kerajaan Banten, Kerabat Sultan Ageng Tirtayasa--Ilustrasi

Di Pulau Sumatra pilihannya itu jatuh ke daerah pantai Barat Sumatera, tepatnya pantai Barat Bengkulu.

Salah satu Keluarga Kerajaan Banten yang ada dalam rombongan itu adalah orang tua Raja Luwih yaitu Dewa Sekajang Hitam dan Dewa Sekajang Putih.

Mereka memutuskan untuk mencari daerah baru yang terletak di pesisir Sumatera, yang di harapkan dapat menggantikan posisi pelabuhan Sunda Kelapa sebagai atau pelabuhan laut yang sangat vital bagi perdagangan pada masa itu.

Keputusan untuk memilih daerah pesisir barat Sumatera, setelah usaha untuk menyerang dan menaklukan Kesultanan Palembang gagal, kerajaan Banten baru menfokuskan untuk menguasai daerah disekitar pesisir Barat pulau Sumatera.

Tugas penaklukan pantai barat Sumatera itu dilakukan oleh Pangeran Santa (Senehati), dengan terlebih dahulu
menaklukan Lampung.

Setelah pesisir Lampung Selatan ditaklukan ia menetap di daerah Ketapang Kalianda.

Baru setelah posisinya pulih dan kuat setelah penyerangan Lampung, ia melanjutkan perjalanannya dan tiba di Bandar Bintuhan sekitar tahun 1693.

Bandar Bintuhan kemudian dipilih oleh Pangeran Santa sebagai tempat yang cocok dan nilai sangat strategis.

Oleh sebab itu ia mulai melakukan pembangunan pelabuhan laut di daerah Bintuhan dan daerah ini nantinya berkembang menjadi salah satu pelabuhan dagang yang cukup diperhitungkan di pantai Barat Sumatera.

Sementara itu sebagai bukti keberadaan dari keberadaan keluarga Raja Luwih di Lampung adalah, bahwa sampai saat ini masih ada tanah adat disekitar Ketapang Kalianda, Lampung yang diakui banyak orang sebagai milik Kerajaan Kaur.

Setelah daerah Bintuhan dapat dikuasai dan kemudian diputuskan untuk menetap di sana.

Semenjak itu pula Pangeran Santa (Sante) sering mendapat tantangan dan gangguan dari Kerajaan Rejang, yang pada waktu itu telah terlebih dahulu menguasai daerah Kaur.

Perselisihan tersebut berkembang menjadi perang terbuka antara Pangeran Santa (Sante) dengan kerajaan Rejang.

Gangguan yang dilakukan oleh Kerajaan Rejang ini sudah sangat menganggu dan tidak lagi bisa di atasi oleh pasukan Pangeran Santa (Sante).

Maka kemudian ia meminta bantuan adiknya, Pangeran Raja Luwih Seberani Gunung Kaur yang pada masa itu masih bermukim di Ketapang Kalianda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: repositori.kemdikbud.go.id