Kategori Orang Mampu Pakai Elpiji 3 Kg Haram Hukumnya? Begini Penjelasan Ulama

Kategori Orang Mampu Pakai Elpiji 3 Kg Haram Hukumnya? Begini Penjelasan Ulama

Kategori Orang Mampu Pakai Elpiji 3 Kg Haram Hukumnya? Begini Penjelasan Ulama--ilustrasi

"Subsidi itu untuk orang miskin, bantuan dari pemerintah, duit umat se Indonesia. Kalo orang kaya ikut mengambil adalah sebuah kebatilan," ucap dalam Abdul Somad dalam salah satu tayangan di Youtube.

Mengambil hak orang miskin termasuk dengan ikut menggunakan elpiji 3 Kg, kata Abdul Somad, akan menjadi sebuah kesia-siaan.

BACA JUGA:Kakak Adik Lulusan SMAN 2 Kaur Terima Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Simak Ceritanya

BACA JUGA:Resmi dari Pertamina, Harga Terbaru Elpiji 3 Kg Melon dan Bright Gas Selasa 19 September 2023

"Jangan mengambil hak orang dengan cara batil, inilah yang di akhirat shalatnya hilang, puasanya terbang, zakatnya melayang gara mengambil hak orang lain," ucapnya.

Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyampaikan, data tahun 2022 menyebutkan sebanyak 68 persen konsumsi Elpiji 3 Kg dinikmati oleh rumah tangga mampu atau golongan 60 persen masyarakat kaya, yakni 5,07 Metric Ton (MT).

Menkeu menyebut selisihnya hanya 32 persen konsumsi Elpiji 3Kg yang dinikmati masyarakat tidak mampu atau 40 persen golongan rumah tangga terbawah, yaitu sebesar 2,39 juta MT.

Subsidi elpiji 3Kg mengambil porsi terbesar jika dibandingkan dengan subsidi BBM dan listrik.

BACA JUGA:Cara Jitu Pedagang Warteg Hemat Elpiji 3 Kg, Penting diketahui sebelum Aturan Baru Elpiji 3 Kg

BACA JUGA:RESMI, Harga BBM dari Pertamina, Selasa 19 September 2023 di SPBU Se-Indonesia, Pertadex Naik Rp2.550

Sesuai APBN tahun 2023, alokasi anggaran subsidi LPG Tabung 3 Kg mencapai Rp117,85 triliun. Oleh karena itu, pendistribusian elpiji 3Kg harus tepat sasaran agar dapat bermanfaat bagi masyarakat miskin ataupun masyarakat yang rentan dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

Data Pertamina menyebut, program uji coba tahapan pendataan dan pencocokan data subsidi tepat Elpiji 3Kg di Sulawesi hampir rampung. Pertamina telah meregistrasi sekitar 26.000 pangkalan Elpiji 3Kg, atau 90 persen dari total 29.000 pangkalan yang ada di wilayah ini hingga Juli 2023.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: