PWI - Bupati Kaur Sepakati Gelar UKW Akhir Tahun 2022 

PWI - Bupati Kaur Sepakati Gelar UKW Akhir Tahun 2022 

Audiensi PWI Kaur bersama Bupati Kaur dan jajaran sepakati digelar UKW akhir tahun 2022.--(Poto: radarkaur.disway.id)

RADARKAUR.DISWAY.ID BINTUHAN - Audiensi yang digelar PWI Kaur bersama Bupati Kaur H Lismidianto, SH, MH dan jajaran Pemda Kaur, Selasa (26/6/2022) sepakati akan menggelar  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) akhir tahun 2022. 
 
Bupati akan mendukung PWI Kaur dalam upaya meningkatkan kompetensi wartawan melalui pelatihan singkat jurnalistik dan uji kompetensi para awak media.
 
Sehingga akan tercipta mutu dan jurnalisme yang berkualitas di Kabupaten Kaur.
 
"Wartawan dan media massa adalah corong bagi pemerintah untuk memberikan informasi yang akurat, berkualitas dan berimbang yang layak diterima oleh masyarakat. Sehingga dengan ada UKW, Insya Allah akan ada peningkatan dalam hal kualitas para wartawan," tambah Bupati dihadapan sejumlah Pengurus PWI Kaur, dalam obrolan santai di Lobi Pemda Kaur.
 
Hadir dalam audiensi itu Sekda Kaur Dr Ersan Syahfiri, MM, Asisten 2, Asisten 2, Staf Ahli, Kadis Kominfosan Kaur, M Jarnawi, M.Pd, Kepala BKAD Kaur Hellitza Okkie, S.Kom, MH, Kadis Kop UKM dan Perindag, Agusman Efensi, MM.
 
Kemudian Kepala BPBD  Jon Harimol, Kadis Pendidikan Sumari, M.Pd, Kadinkes Darmawansyah, S.Sos, serta beberapa pejabat lainnya.
 
"Tahun ini kita upayakan dapat digelar, sehingga 2023 mendatang sudah selesai," ujar Bupati.
 
 
Ketua PWI Kaur Daspan Haryadi, S.IP dalam pemaparannya mengungkapkan, saat ini dari 50 orang lebih anggota PWI Kaur tak lebih dari 15 orang mengantongi sertifikat UKW. Baik tingkat Muda, Madya hingga Utama. 
 
Nah dengan menggelar UKW mandiri di Kabupaten Kaur ini diharapkan nanti jumlah ini terus bertambah. Sehingga diharapkan wartawan yang meliput pemberitaan sudah memahami standar kompetensi. 
 
Dan pada akhirnya produk berita yang dihasilkan sudah sesuai kaidah jurnalistik dan kode etik jurnalistik.
 
"Kami berharap kalau kegiatan ini dapat secepatnya digelar. Misalnya Dinas Kominfo SP Kaur sebagai penyelenggara. Sehingga nanti diharapkan menghasilkan wartawan wartawan yang berkompeten," ucapnya.
 
 
Menangapi hal itu Kepala Dinas Kominfosan  Kaur M Jarnawi, M.Pd mendukung rencana menggelar UKW itu.
 
Ia menegaskan akan merumuskan kembali dan secepatnya menyampaikan ke Badan Keuangan Daerah dan Aset Daerah (BKAD) Kaur terkait dengan usulan anggaran dalam perubahan tahun ini. 
 
"Akan kita rumuskan dan upayakan digelar tahun ini juga pelaksanaan UKW," ujar Jarnawi dihadapan Bupati dan sejumlah kepala OPD serta pengurus PWI Kaur.
 
Dia menambahkan, kemungkinan untuk kerjasama dengan media ditahun berikutnya ini menjadi catatan khusus, dimana nantinya pimpinan media hingga wartawan yang sudah mengantongi sertifikat UKW akan diberikan porsi lebih dalam kerja sama. 
 
"Namun semua media tetap akan kita akomodir tanpa kecuali, tapi akan diatur mengenai porsinya," tuturnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: