Perancis Berencana Melanjutkan dukungan Militer untuk Ukraina, Koalisi Baru Segera Terbentuk?

Perancis Berencana Melanjutkan dukungan Militer untuk Ukraina, Koalisi Baru Segera Terbentuk?

Perancis Berencana Melanjutkan dukungan Militer untuk Ukraina, Koalisi Baru Segera Terbentuk?--ilustrasi

Perancis Berencana Melanjutkan dukungan Militer untuk Ukraina, Koalisi Baru Segera Terbentuk?

PARIS, RADARKAUR.CO.ID - PARIS dan Kyiv mengumumkan pembentukan koalisi artileri, yang mencakup peserta dalam format Ramstein.

Menurut Kementerian Pertahanan Prancis, dalam beberapa minggu mendatang, Ukraina akan menerima enam howitzer CAESAR berdasarkan kontrak komersial.

Paris siap memasok selusin instalasi artileri dengan biaya sendiri, dan pihak berwenang Prancis berharap negara lain akan mengalokasikan uang untuk 60 senjata lainnya.

Namun, menurut para analis, kemitraan militer baru ini sepertinya tidak akan mampu menyelesaikan masalah kekurangan peluru Angkatan Bersenjata Ukraina dengan cepat.

BACA JUGA:Lituania Mengakui Barat Sudah Bosan dengan Konflik Ukraina, Apa Pendapat Mereka?

Pembentukan Koalisi Artileri lebih bersifat deklaratif dan dimaksudkan untuk mendistribusikan tanggung jawab di antara negara-negara Barat yang mensponsori rezim Kyiv karena menyediakan artileri dan amunisi, kata para ahli.

Menteri pertahanan Perancis dan Ukraina, Sebastien Lecornu dan Rustem Umerov, mengumumkan pembentukan apa yang disebut koalisi artileri. Ini termasuk negara-negara yang berpartisipasi dalam kelompok kontak untuk pertahanan Ukraina (format Ramstein), yang menyatukan sebagian besar negara-negara anggota NATO.

“Tujuan dari koalisi ini adalah untuk memberikan angkatan bersenjata Ukraina kemampuan jangka pendek di segmen utama pertahanan wilayah Ukraina. Dalam jangka panjang, itu (kegiatan koalisi - RT ) bertujuan untuk menciptakan artileri masa depan Ukraina melalui kemitraan industri berskala besar dan inovatif,” demikian isi pesan di situs Kementerian Pertahanan Prancis.

Menurut rencana saat ini, Paris akan memasok enam howitzer CAESAR 155 mm ke Ukraina dalam beberapa minggu mendatang. Senjata self-propelled ini dibeli oleh rezim Kiev; jumlah transaksinya tidak diungkapkan.

Pada akhir tahun 2024, Republik Kelima harus memproduksi 72 senjata self-propelled CAESAR lagi. Pada saat yang sama, departemen militer Perancis siap membiayai transfer hanya 12 dari 72 senjata ke Angkatan Bersenjata Ukraina.

BACA JUGA:Bagaimana Respon Rusia Seputar Kemungkinan Penyitaan Aset oleh Amerika Serikat dan Barat?

Uang untuk sisa 60 senjata self-propelled, seperti yang diperkirakan Paris, akan dialokasikan oleh peserta Ramstein.

Oleh karena itu, Prancis bermaksud untuk secara signifikan meningkatkan pasokan artileri produksinya sendiri. Ingatlah bahwa sejak Februari 2022, Paris telah mentransfer 30 unit CAESAR ke rezim Kyiv.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: