Kripto Makin Diminati Masyarakat, OJK dan Industri Kripto Bahas Strategi Pengawasan dan Inovasi

Kripto Makin Diminati Masyarakat, OJK dan Industri Kripto Bahas Strategi Pengawasan dan Inovasi

Kripto Makin Diminati Masyarakat, OJK dan Industri Kripto Bahas Strategi Pengawasan dan Inovasi--ilustrasi

"Kami tidak hanya fokus pada pengawasan, tetapi juga pada pengembangan instrumen aset keuangan digital. Teknologi seperti blockchain dan tokenisasi memungkinkan representasi digital dari aset keuangan tradisional, membuka peluang untuk inovasi di sektor keuangan. Banyak regulator global telah mulai memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi transaksi dan mempercepat proses operasional lembaga keuangan," tambah Yudho.

Lebih lanjut, pengembangan teknologi blockchain diharapkan dapat mempercepat proses operasional di sektor jasa keuangan, termasuk dalam mempercepat proses penyelesaian di perbankan.

Ke depan, inovasi yang memanfaatkan blockchain dan tokenisasi diperkirakan akan terus berkembang dan menjadi salah satu inovasi utama dalam ekosistem sektor keuangan.

BACA JUGA:Kabupaten Kaur Darurat Sampah, Anggaran BBM Truk Sampah Masuk DAU Ditentukan, Baru Cair Setelah Lebaran

BACA JUGA:Kerja Sama Strategis KarirLab dan Tanoto Foundation untuk Ciptakan Talent Muda Berprestasi

BACA JUGA:Peluncuran DJI Dock 2 oleh DJI, Inovasi Terkini di Bidang Drone

Oleh karena itu, OJK perlu menjajaki potensi ini untuk menarik lebih banyak penyelenggara aset keuangan digital, termasuk aset kripto, dalam mengembangkan kasus penggunaan di sektor keuangan.

"Tujuan utama dari FGD ini adalah untuk memfasilitasi pertukaran ide dan gagasan antara OJK dan para pelaku aset keuangan digital dalam rangka menguatkan dan mengembangkan ekosistem ini di Indonesia. Kami berharap hasilnya dapat memperluas dan meningkatkan efisiensi ekosistem aset keuangan digital, serta mendorong inovasi di sektor keuangan," terang Yudho.

Transisi pengawasan aset kripto ke OJK dan hasil diskusi ini menandai era baru dalam regulasi keuangan digital di Indonesia. Dengan kerjasama antara regulator dan industri, Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mengoptimalkan manfaat aset keuangan digital, termasuk aset kripto, demi mendukung pertumbuhan ekonomi negara.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: