KKP RI Akan Bantu Desa Di Kaur Ini Kembangkan Konservasi Penyu

KKP RI Akan Bantu Desa Di Kaur Ini Kembangkan Konservasi Penyu

RADARKAUR.CO.ID, NASAL - Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur berpeluang mendapatkan bibit penyu untuk pengembangan konservasi penyu di wilayah itu. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI sudah melakukan survey ke Pantai Muara Sekube yang berada di wilayah desa tersebut.

Pengebangan konservasi itu menindaklanjuti proposal pengembangan penyu yang disampaikan pemerintahan desa (Pemdes) Ulak Pandan Kecamatan Nasal beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Jangan Nikah Siri, Ini Cara Urus Dispensasi!

BACA JUGA:Bupati Buka Pertandingan Sepakbola Antar Desa di Kaur Utara

Sebelum merealisasikan pengembangan penyu, KKP akan melakukan penanaman vegetasi pantai terlebih dahulu.

Kades Ulak Pandan A. Razied mengatakan, budidaya penyu sudah dua tahun berhenti akibat kurangnya support dari Pemda Kaur ditambah minimnya anggaran desa dalam  pengembangan penyu.

BACA JUGA:Safari Jum'at, Bupati dan Wabup Kaur Berikan Bantuan Uang Tunai dan Mushaf

BACA JUGA:Mesin Giling Padi Rusak, Terpaksa “Ngupah” Di Luar

Walaupun demikian, mereka tetap berusaha mendapat bantuan bibit penyu dari pemerintahan RI. Sebab penyu merupakan simbol dari Pantai Muare Sekube.

"Alhamdulillah proposal yang kami ajukan sudah ditindaklanjuti oleh KKP RI. Mereka sudah melakukan survey ke Pantai Muare Sekube. Namun untuk jumlah penyu yang akan disalurkan ke desa kami belum diketahui," ujarnya, Jumat (5/8/2022).

BACA JUGA:Lomba Panjat Pinang Meriahkan HUT ke-77 RI, Lokasinya Disini!

BACA JUGA:Kemajuan Teknologi, Adab Berbicara Generasi Berubah

Lanjutnya, sebagai tahap uji coba KKP RI bakal menyalurkan bibit penyu akhir tahun mendatang. Untuk jumlah belum diketahui karena masih ingin dilakukan kajian terhadap cuaca di wilayah Kabupaten Kaur. Kendati demikian, mereka berharap KKP RI menyalurkan bibit penyu tidak kurang dari 100 ekor. Supaya proses budidaya bisa berkembang lebih lanjut.

BACA JUGA:Pak Hansip Dilatih Jaga Keamanan Desa

BACA JUGA:Sehari Jelang Karantina, Anggota Paskibra Kabupaten Kaur Meninggal Kecelakaan

"Untuk lokasi pengembangan bibit penyu belum kami tetapkan. Karena akan dilaksanakan rapat terlebih dahulu," papar dia.(rjs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: