11 Puskesmas Tanpa Dokter Gigi

11 Puskesmas Tanpa Dokter Gigi

ilustrasi--

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Berdasarkan data yang ada di Dinas Kesehatan (Dinkes) BS, dari 14 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten BS baru tiga Puskesmas yang memiliki dokter gigi.

Sementara, 11 Puskesmas lainnya sampai saat ini belum mempunyai dokter gigi. Padahal, keberadaan dokter tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang jauh dari pusat ibu kota Manna.

Kadis Kesehatan BS Didi Ruslan, S.KM, M.Si disampaikan Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Nex Pusman, S.KM menuturkan, untuk Puskesmas yang telah memiliki dokter gigi yakni Puskemas M. Taha Kecamatan Pasar Manna, Puskesmas Kota Manna dan Puskesmas Kayu Kunyit Kecamatan Manna.

Sementara untuk Puskesmas Seginim dokter gigi yang bertugas di sana merupakan masih status honor.

BACA JUGA:Pemanfaatan Halaman Perkantoran, Rp 100 Juta

BACA JUGA:DD Tiga Desa Tembus Rp 1 M

"Penyebab kekurangan dokter gigi ini salah satunya lantaran dokter gigi menumpuk di rumah sakit umum. Untuk penyebabnya kami tidak mengetahui secara pasti," tuturnya.

Nex mengaku, untuk peralatan medis gigi diseluruh Puskesmas BS lengkap. Bahkan ada alat yang masih terbungkus rapi. Sebelumnya pihaknya sudah mengusulkan penambahan 11 dokter gigi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Namun hingga kini belum ada realisasinya. Padahal menurut Nex, BS mempunyai banyak dokter gigi yang merupakan putra daerah asli. Namun peluang untuk berkerja di pemerintahan tidak ada.

Efeknya banyak putra daerah lari atau berkerja diluar daerah. Sedangkan daerah sendiri masih sangat kekurangan dokter.

BACA JUGA:Harapkan Kasat Baru Berikan Perubahan

BACA JUGA:Raflesia di Bukit Barisan, Awas Tangan Jahil

"Selain dokter gigi, kita (Kabupaten BS, red) juga kekurangan tenaga laboratorium dan penyuluh kesehatan," tuntas Kabid SDK.

Sebelumnya, Sekda BS Sukarni Dunip, SP, M.Si mengungkapkan, bahwasanya ia telah memantau seluruh Puskesmas di wilayah BS. Pada tahun 2022 lalu, Sekda memastikan kekurangan tenaga medis dan dokter akan dilengkapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: