Kram Pinggang? Jangan Panik, Ini Mungkin 1 dari 3 Tanda Kehamilan, Simak 3 Ciri Wanita Hamil

Kram Pinggang? Jangan Panik, Ini Mungkin 1 dari 3 Tanda Kehamilan, Simak 3 Ciri Wanita Hamil

Kram Pinggang? Jangan Panik, Ini Mungkin 1 dari 3 Tanda Kehamilan, Simak 3 Ciri Wanita Hamil--ilustrasi

Kram Pinggang? Jangan Panik, Mungkin 1 dari 3 Tanda Kehamilan, Simak 3 Ciri Wanita Hamil

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Hi moms! Menjadi ibu hamil memang seru, tapi nggak bisa dipungkiri, tubuh kita kadang memberi sinyal-sinyal aneh. Simak 3 Ciri Wanita Hamil yang sering dialami wanita pada trisemester pertama.

Gejala-gejalanya termasuk mual dan muntah yang umumnya terjadi pada trimester pertama, peningkatan kepekaan indra penciuman terhadap bau-bau tertentu, perubahan rasa pada lidah terkait dengan preferensi makanan, serta pembesaran payudara yang sering disertai nyeri sebagai persiapan untuk menyusui.

Selain itu, wanita hamil juga dapat mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil akibat tekanan pada kandung kemih dan perubahan hormonal. Perubahan warna kulit, seperti darkening pada areola payudara atau munculnya garis gelap di perut (linea nigra), juga sering terjadi.

BACA JUGA:7 Zodiak yang Super Tegar, Nggak Gampang Direndahkan! Aries Masuk Urutan Pertama Nih!

BACA JUGA:Cara Mengukur Standar Berat Badan Ideal Menurut WHO, Kamu Masuk Kategori Kurus, Normal, Gemuk atau Obesitas?

Selera makan yang berubah, kram perut dan perasaan peregangan kulit karena pertumbuhan janin, serta perubahan suhu tubuh yang mungkin dirasakan lebih panas atau dingin, juga dapat menjadi bagian dari pengalaman kehamilan.

Perubahan emosi seperti suasana hati yang fluktuatif, serta peningkatan nafsu makan atau bahkan kehilangan selera makan, juga dapat terjadi. Varises atau pembengkakan kaki sebagai akibat dari perubahan sirkulasi darah, serta sensitivitas gusi dan gigi, termasuk perdarahan gusi atau rasa sensitif, juga termasuk sinyal-sinyal aneh yang mungkin dirasakan selama kehamilan.

Sinyal berikutnya yang gak kalah penting adalah kram pinggang yang kadang muncul tanpa diundang. Tenang aja, itu sebenarnya merupakan bagian dari perjalanan kehamilan. Yuk, kita bahas lebih lanjut tentang 3 kram pinggang yang sering muncul saat hamil dan apa artinya!

BACA JUGA:Waspadai 5 Tanda Penyakit Sifilis Menyerangmu, Mulai dari Luka Kecil hingga Kelelahan Berlebihan

1. Kram Pinggang Sebelah Samping

Ketika kamu merasakan kram pinggang di bagian samping, sebenarnya nggak perlu khawatir terlalu banyak, Moms. Ini adalah salah satu pengalaman yang lumrah selama kehamilan. Kram tersebut biasanya muncul karena ada perubahan pada ligamen di sekitar rahimmu.

Tubuhmu sedang melakukan persiapan untuk menampung si kecil dengan membuat ruang yang lebih besar dan nyaman.

Ligamen yang meregang bisa memberikan sensasi kram di area pinggangmu, tapi ini sebenarnya pertanda baik bahwa tubuhmu sedang bekerja keras. Untuk meredakan ketegangan pada ligamen, cobalah untuk beristirahat sejenak. Pilihlah posisi yang nyaman, dan lakukan gerakan perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: