33 Desa di Kaur Miliki Destinasi Wisata, Butuh Digarap Maksimal

33 Desa di Kaur Miliki Destinasi Wisata, Butuh Digarap Maksimal

Workshop 33 desa destinasi wisata di Kabupaten Kaur, Sabtu (2/7/2022).--

RADARKAUR.CO.ID, BINTUHAN - Sebagai wilayah yang penuh dengan keindahan wisata bahari dam wisata alamnya. Kabupaten Kaur memiliki 33 desa dengan destinasi wisata yang butuh digarap dengan maksimal. 
 
Workshop yang dilaksanakan, Sabtu (02/7/2022) di GSG Pemda oleh Pemda Kabupaten Kaur bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekeaf). Diharapkan menemukan strategi jitu untuk memaksimalkan potensi itu.
 
 
Kegiatan workshop ini bertujuan agar masyarakat dapat tergugah mengembangkan potensi wisata di desa masing - masing. 
 
Serta bagaimana menggarap dan mempromosikan wisata mulai dari awal hingga mampu menjadi wisata yang sukses dikunjungi wisatawan. 
 
 
Workshop dihadiri Bupati Kaur H.Lismidianto, SH, MH, perwakilan Kemenparekraf Ali nurman, Anggota DPR RI Hj Dewi Choryati, jajaran pegawai pemda serta dari perwakilan 33 desa yang memiliki destinasi wisata.
 
Hadir juga Narasumber dari Bumdes Bangsring Underwater Banyuwangi, Sukirno.
 
 
Direktorat Pengembangan Destinasi Wilayah 1, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur dari Kemenparekraf RI, Ali Nurman mengatakan bahwa pihaknya telah melihat Kabupaten Kaur memiliki potensi wisata yang cukup banyak untuk dijadikan destinasi wisata andalan. 
 
Menurutnya, untuk mengembangkannya para penggiat wisata ini bisa bertahap memulai untuk memajukan wisatanya di desa masing-masing. 
 
 
Apalagi setelah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dibentuk masing - masing desa wisata dan sudah menerima SK dari Bupati Kaur.
 
Kelompok Pokdarwis diharapkan bisa lebih kreatif lagi mengembangkan potensi yang ada. Dan tentu saja gencar berpromosi supaya lebih banyak mendatangkan wisatawan. 
 
 
"Kami siap untuk memfasilitasi dan memberi motivasi para penggiat wisata untuk bisa berkembang. Potensi wisata Kaur sudah luar biasa. Tinggal masyarakatnya lagi untuk bisa memanfaatkan potensi desa wisata dan terus mengembangkan diri," jelas Ali Nurman
 
Sementara itu, Bupati Kaur melalui Kepala Dinas Pariwisata Kaur Yasman, M.Pd menyampaikan bahwa sebagai pemerintah daerah akan selalu berupaya untuk meningkatkan kemampuan para pelaku wisata. Supaya bisa terus berkembang. 
 
 
Banyak hal yang telah dilakukan agar wisata di kaur menjadi dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun nasional.
 
Selain itu promosi wisata akan terus menjadi fokus utama sebagai tindak lanjut dari usaha pengembangan destinasi wisata tersebut. 
 
Untuk itu dari berbagai upaya yang telah dilakukan, harapannya Kabupaten Kaur menjadi daerah tujuan wisata.(kom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: