10 Masakan Paling Disukai Masyarakat Bengkulu, Paling Populer Kesukaan Presiden Soekarno

10 Masakan Paling Disukai Masyarakat Bengkulu, Paling Populer Kesukaan Presiden Soekarno

Gulai Bagar Hiu. Masakan khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)


Cara memasak khas Kaur Gulai Tempoyak Udang--(dokumen/radarkaur.co.id)

Nomor satu, jenis masakan paling disukai masyarakat Bengkulu ialah Tempoyak. Dimana masakan ini hanya bisa ditemui di saat musim Durian. Hal itu, karena Tempoyak merupakan olahan hasil fermentasi buah Durian.  

Tempoyak dengan cepat menyebar diseluruh daerah Bengkulu serta menjadi masakan andalan masyarakat. Jika kamu tertarik untuk mencobanya di Bengkulu banyak warung atau Resto yang menjadikan Tempoyak sebagai menu utama. Seperti, rumah makan Inga Raya.  

Cara memasak Tempoyak sangat mudah, siapkan bahan dasar durian yang sudah diolah menjadi Tempoyak. Masyarakat Bengkulu sering menambahkan daging ikan segar dan Udang sebagai menu pokok. 

Jadi, Tempoyak itu bisa dibilang sebagai bagian dari Bumbu. Memasaknya pun mudah, kamu bisa mencobanya dengan mengklik resep disini

 

2. Gulai Mungkus


Cara memasak khas Kaur Gulai Ikan Mungkus undak Terong masak--(dokumen/radarkaur.co.id)

Gulai Mungkus dari Bengkulu terbilang masakan yang langka karena memiliki rasa unik dan khas. Serta  berasal dari Kaur Utara, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Masakan ini mulai dikenal oleh masyarakat Bengkulu karena masakannya terkenal unik dengan cita rasa yang lezat.  

Ikan Mungkus adalah nama ikan yang tinggal di sungai bebatuan, bentuknya unik seperti bayi ikan gabus. Karena tinggal di bebatuan ikan mungkus memiliki tekstur sangat licin serta bagian tubuhnya juga bersih.  

Saat dimasak, ikan Mungkus memiliki rasa yang sangat lezat. Apalagi masyarakat Bengkulu lebih menyulai olahan daging ikan Mungkus yang segar. 

Nah, terkhusus masyarakat Kaur Utara mereka lebih menyukai olahan Gulai Ikan  Mungkus dicampur terong bulat yang sudah masak atau berwarna kuning. Dan rasanya terbukti mampu menggoyang lidah terus menerus.  

Cara memasaknya yaitu menggunakan bahan dasar Santan, Ikan Mungkus, Terong matang dan rempah-rempah. Masukkan santan, semua rempah, dan terong matang secara bersamaan. 

Setelah itu, masak sampai kuah mendidih. Lalu, masukkan ikan Mungkus kedalam wajan selama tidak lebih dari 5 menit supaya hasil ikan terasa lembut agak kenyal.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: