10 Masakan Paling Disukai Masyarakat Bengkulu, Paling Populer Kesukaan Presiden Soekarno

10 Masakan Paling Disukai Masyarakat Bengkulu, Paling Populer Kesukaan Presiden Soekarno

Gulai Bagar Hiu. Masakan khas Bengkulu.--(dokumen/radarkaur.co.id)


Cara memasak khas Kaur Gulai Ikan Tape adalah salah satu menu masakan 'gulai' khas Kaur yang sangat diminati.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Bengkulu adalah wilayah yang didominasi perairan lautan dengan daerah pantai yang indah. Selain itu, mudah sekali menemukan jenis-jenis ikan berkelas disini. Seperti ikan Tuna, ikan karang, dll.  

Kemudian, oleh masyarakat Bengkulu dijadikan menu masakan sehari-hari. Bisa dimasak santan atau sambal Goreng. Tapi, ada satu olahan yang menarik untuk segera dicicipi. 

Namanya Ikan Tape masakan olahan  Ikan Panggang dari Bengkulu. Lalu, dimasak bersama santan, bumbu dan sayuran pendamping bisa terong, buah melinjo, daun Pare, dll.  

Kenapa ikan Tape cocok dimasak dengan beragam sayur pendamping? Karena cita rasa ikan segar yang dipanggang bisa membuat masakan menjadi lezat. Kita sudah punya resep dan tata cara memasaknya bisa di klik disini:  

 

6. Rebung Asam hasil fermentasi rebung atau bambu muda 


Cara memasak khas Kaur Gulai Rebung Asam campur Liling salah satu masakan favorite di Kabupaten Kaur.--(dokumen/radarkaur.co.id)

Rebung asam adalah masakan olahan fermentasi rebung yang direndam kedalam air selama kurang lebih 2 hari. Rebung yang semula berstektur keras berubah menjadi lebih fleksibel atau lembut saat berhasil di fermentasi.  

Masyarakat Bengkulu menyukai Gulai Rebung asam karena citarasa asam dan gurih ketika dimakan. Untuk campurannya, masyarakat Bengkulu sering mencampuri dengan Ikan Tape (Panggang), Udang segar dan paling terkenal Rebung asam undak Liling.  

Nah, untuk cara memasaknya bisa ikuti tutorial klik sini ya.

 

7. Gulai Kembaang khas Mukomuko, Bengkulu Utara

Gulai kemba’ang merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Makanan ini dibuat dengan bahan dasar iga sapi yang dimasak dengan aneka rempah. 

Gulai kemba’ang memiliki citarasa yang sangat khas yakni dengan aroma rempahnya yang cukup tajam. Untuk menikmatinya, kamu bisa menyantapnya dengan menggunakan nasi putih hangat sebagai makan siang atau makan malam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: