2 Tips untuk Membantu Anda Mengatasi Kecemasan PHK

2 Tips untuk Membantu Anda Mengatasi Kecemasan PHK

2 Tips untuk Membantu Anda Mengatasi Kecemasan PHK--(dokumen/radarkaur.co.id)

Namun, sebuah artikel ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa meskipun ketidakpastian sering dikaitkan dengan emosi negatif, itu juga bisa menjadi motivator yang hebat jika Anda mampu memproses ketidakpastian dari sudut pandang, "bagaimana hal ini berpotensi menguntungkan saya".

Semakin positif Anda tentang pekerjaan Anda dan kualitasnya, semakin percaya diri Anda dalam menghadapi situasi yang tidak pasti.

Pikirkan seperti ini. Jika Anda diberhentikan oleh organisasi Anda saat ini, Anda perlu mencari pekerjaan di tempat lain. Menunjukkan kepada calon atasan Anda bahwa Anda tetap berdedikasi, percaya diri, dan produktif dalam situasi stres (seperti musim PHK ini) akan menjadi tampilan yang bagus untuk Anda.

Di sisi lain, jika Anda runtuh di bawah tekanan dan mulai mengabaikan pekerjaan Anda, Anda berada dalam situasi masalah ganda: organisasi Anda saat ini mungkin melihat penurunan kinerja dan mungkin menganggap Anda sebagai sasaran empuk untuk kali berikutnya. Mengubah ukuran, dan calon majikan bisa membacanya sebagai tanda bahwa Anda tidak bekerja dengan baik di bawah tekanan.

BACA JUGA:Apakah Dampak Trauma terhadap Kesehatan Mental Terlalu Dilebih-lebihkan?

BACA JUGA:Kabar Baik, Berikut Lowongan Kerja BUMN Terbaru 2023

2. Rangkul perubahan dengan meningkatkan keterampilan diri sendiri

Dalam hal menjaga kepercayaan diri Anda setelah musim pemberhentian yang sangat brutal, peningkatan keterampilan adalah nama permainannya.

Meskipun mudah terjebak dalam rasa bersalah dan mengapa serta bagaimana status pekerjaan Anda versus kolega Anda yang terpengaruh oleh perampingan.

Cobalah untuk fokus pada hal positif. Anda ditawari kesempatan berkelanjutan untuk tumbuh di organisasi Anda saat ini karena Anda memberikan keterampilan dan kontribusi yang dihargai oleh pemberi kerja Anda.

Salah satu cara untuk menjadikan diri Anda lebih diperlukan adalah dengan mengambil keterampilan di luar bidang keahlian Anda.

Mari kita ambil contoh PHK di Microsoft dan Google. Perusahaan-perusahaan ini bertaruh besar pada kecerdasan buatan (AI), dan ini tampaknya sebagian memicu PHK baru-baru ini.

BACA JUGA:Demam Game Online, Permainan Tradisional Kurang Diminati

BACA JUGA:Implementasi BOSP, Kemendikbudristek Kolaborasi Dengan Dua Kementerian

Sundar Pichai, CEO Google, menyebut AI sebagai teknologi paling transformatif sepanjang masa dan mengklaim bahwa rencana perusahaan dalam melakukan PHK adalah untuk "memfokuskan bakat dan modal kami pada prioritas tertinggi kami".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: